Friday, February 14, 2014

Dosa Menjauhkan, Doa Mendekatkan

Kamis Masa Biasa Va/II 
1Raj 11, 4-13
Nyeleweng dari teman atau sahabat masih bisa dimengerti. Ketubuhan selalu membawa perbedaan dan perbedaan ini bisa membawa konflik kepentingan. Keputusan seseorang mungkin bisa merongrong kepentingan orang lain dan jika tak ada yang mengalah, pertengkaran tak terhindarkan (ilustrasi ini mungkin bisa membantu pemahaman). Akan tetapi, nyeleweng dari Tuhan, ini berarti menyangkal jati diri dan membiarkan diri terbelenggu oleh aneka kepentingan fisik. Ini dosanya dosa, biang penyelewengan yang fisik itu (dari teman, sahabat, suami, istri, dlsj)
Injil Markus 7, 24-30
Tirus rupanya dicap sebagai wilayah 'kafir' tetapi Yesus mau berkunjung juga, dan dari kunjungan itu dinyatakan oleh Yesus bahwa keselamatan juga ditujukan kepada orang yang memiliki ketulusan dan keteguhan iman dalam mengharapkan Tuhan. Perempuan itu mendapatkan apa yang diinginkan, Yesus sendiri seolah menunjukkan pada orang Yahudi: ini nih apa yang ada dalam hati orang, yang kalian anggap sebagai 'kafir'!
paro_spa
Jika sungguh tulus berdoa, orang menjalin relasi pribadinya dengan Tuhan, sekaligus menjadi inklusif terhadap keselamatan orang lain yang bahkan dicap 'kafir' oleh banyak orang. Modal keselamatan orang bukanlah cap baik-buruk dari banyak orang, melainkan dari relasi intimnya dengan Allah sendiri dan buah relasi itu dalam hubungannya dengan sesama.

No comments:

Post a Comment